Tips Untuk Melihat Apakah Mobil Pernah Terendam Banjir

Tidak semua dealer mobil bekas bisa jujur ‚Äč‚Äčmengatakan bahwa mobil yang mereka jual tidak pernah mengalami kecelakaan, terkena goresan, atau mengalami kebanjiran sehingga mereka mendapatkan keuntungan lebih yang nantinya akan menambah pengeluaran Anda. Ini juga yang akan membuat Anda lebih cepat membawa mobil ke bengkel Toyota karena ketidaktahuan akan masalah tersebut.

Mobil Bekas Banjir

Meski mobil yang dipamerkan terlihat mulus dan berjalan dengan baik, namun masih ada kekurangannya dan korosi lambat laun menjalar ke komponen utama tanpa Anda ketahui. Selain itu, mobil yang terendam banjir juga berbahaya untuk dikendarai dan dapat menimbulkan akibat yang fatal jika tidak diberikan perawatan yang tepat.

Jika penjual berusaha menutupi tanda-tanda banjir atau kecelakaan, akan sulit bagi pembeli untuk mengidentifikasi hal tersebut dan memberikan perawatan yang tepat. Apalagi sebenarnya mobil yang sudah pernah mengalami kecelakaan atau kebanjiran akan dijual dengan harga lebih murah dibandingkan yang belum pernah.

Mengetahui Tentang Mobil Bekas Banjir

Namun, bekas banjir yang tertinggal di mobil tidak bisa sepenuhnya dihilangkan. Terdapat beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengetahui hal ini agar Anda juga tidak rugi:

1. Periksa STNK

Asal muasal mobil bekas bisa ditemukan di STNK. Mohon perhatikan lokasi rumahnya, terlepas dari apakah rumah tersebut berada di area yang rawan banjir. Jika ternyata mobil bekas tidak sesuai dengan nama pemiliki dan dipakai di luar STNK, minimal bisa tanya langsung ke penjualnya. Jika bisa, nama pemilik dan STNK haruslah sama.

2. Periksa Interior

Buka dan periksa panel dan sela-sela mesin, biasanya pada mobil yang pernah terendam banjir, Anda akan menemukan pasir atau lumpur di sudut-sudut sempit. Amati setiap detail komponen yang ada di dalam kap mesin mobil.

Barangkali Anda bisa menemukan hal-hal yang berbeda atau kerusakan pada bagian mesin. Bisa juga dengan melihat bagian interior karena kemungkinan banjir masuk sampai ke bagian dalam mobil juga besar. Periksa setiap sudutnya hingga bisa dipastikan bahwa mobil aman dari banjir agar tidak harus sering-sering service Toyota Anda.

3. Periksa Bekas Noda Lumpur

Mobil yang pernah terendam biasanya meninggalkan noda kotoran dan air berupa bercak atau berkerak. Langkah pertama adalah membuka karet pintu yang menempel di badan sebagai pengganjal pintu. Tarik karetnya dan perhatikan apakah ada bekas-bekas mobil terkena banjir yang tinggi.

Pastikan kondisi dan tampilan karpet masih baru dan sesuaikan dengan tahun produksi mobil bekas. Kalaupun sudah diganti, mohon dipastikan kelengkapannya. Biasanya dealer mobil bekas sudah terbiasa mengganti part tertentu dengan yang baru sebelum menjualnya kembali.

4. Bau Tidak Sedap

Apabila tercium bau tak sedap seperti lumpur di dalam mobil, kemungkinan besar mobil tersebut pernah terendam banjir. Air yang mengisi kabin dapat merembes ke busa jok mobil dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Hal ini disebabkan sulitnya proses pengeringan karena berada di dalam mobil.

Periksa juga detail interior, karpet diangkat dan semua bagian mobil yang sulit kering diperiksa. Perlu diperhatikan jika sarung jok terlihat aneh dan tidak diletakkan dengan rapi di atas karpet atau tidak sesuai dengan bentuk dari interior mobil tersebut.

5. Periksa Perangkat Elektronik

Langkah umum lainnya yang biasanya dilakukan saat membeli mobil bekas adalah memeriksa fungsionalitas peralatan elektronik tersebut. Dengan menyalakan dan mengemudikan mobil, fungsi kelistrikan juga harus diperiksa. Seperti lampu utama, lampu sein, lampu kabin, kunci pintu sentral, power window, pita radio, lampu dashboard, wiper, sekring, dll.

Ulangi operasi ini untuk memastikan semuanya beres dan aman. Tak hanya itu, mobil bekas yang sudah kebanjiran seringkali sulit atau bahkan mustahil untuk dihidupkan. Dari proses penyalaan mesin tersebut bisa dipastikan apakah kondisi mobil bekas tersebut layak untuk dibeli.

Namun tentu ini juga tergantung tingkat keparahan banjir yang dialami karena banyak kondisi di mana mobil yang pernah terkena banjir tinggi masih dalam kondisi baik. Apabila Anda ingin membawa mobil ke tempat servis, manfaatkan layanan Toyota Home Servis dari Astrido Toyota sehingga tidak perlu lagi repot membawa mobil ke bengkel.

Tags: ,