Cara Alami Menurunkan Resiko Hipertensi yang Dianjurkan SehatQ.com

hipertensi

Menentukan direktori penyakit menjadi salah satu keharusan bagi masyarakat agar terhindar dari informasi yang kurang valid. Masalah kesehatan seperti hipertensi sendiri harus mendapatkan penangan tepat dan tidak boleh sembarangan.

Cara Alami Menurunkan Hipertensi

Saat mengalami gejala hipertensi sebaiknya segera lakukan penangan sederhana agar segera mereda sebelum lebih parah. Jika Anda mengalami kelelahan, sakit kepala parah, nyeri dada, detak jantung tidak teratur, dan ciri-ciri lainnya berikan beberapa tips jitu meredakannya:

  1. Minum Segelas Air

Air merupakan salah satu elemen yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, selain itu harganya juga cenderung ekonomis dibanding dengan lainnya. banyak masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan meminumnya dengan aturan tertentu yang disesuaikan kebutuhan tubuh.

Pada beberapa kasus hipertensi bisa muncul akibat dehidrasi. Saat Anda sudah mengalami gejalanya sebaiknya segera minum air putih 1-2 gelas. Langkah tersebut dipercaya akan mengembalikan volume darah dalam tubuh, sehingga masalah kesehatan tersebut tidak semakin parah.

  1. Mendengarkan Musik Menenangkan

Musik merupakan salah satu hal yang dapat meredakan amarah atau rasa stress berlebihan, sebaiknya gunakan nada santai misalnya keagamaan, klasik, jazz, dan lainnya. akan lebih efektif jika Anda tambah dengan meditasi, usahakan mencari tempat tenang baik di kamar maupun alam bebas.

Hal tersebut dapat terjadi karena menimbulkan rasa tenang. Anda juga bisa melakukan kegiatan yoga salah satunya pada pose savasana untuk membantu menurunkan detak jantung berlebih dan darah. Caranya yaitu cobalah berbaring telentang, tutup mata kemudian relaksasi pikiran. Lakukan selama 10-15 menit.  

  1. Pijat pada Bagian Telinga dan Leher

Saat mengalami gejala hipertensi, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan misalnya memijat pada bagian telinga dan leher sampai gejalanya mereda. Selain itu hindari penyebabnya agar mudah dalam penanganan, berikan 3 titik yang dapat meringankan masalah tersebut:

  • Titik pertama yaitu di belakang daun telinga, kemudian temukan yang kedua. Langkah selanjutnya adalah pijat pada bagian tersebut dengan gerakan lembut dari atas ke bawah mengikuti alur tersebut, lakukan 10 kali pada kedua sisi leher.
  • Titik kedua yaitu pada wajah yang sejajar dengan daun telinga atau biasa disebut pelipis. Setelah menemukannya pijat dengan ujung jari selama kurang lebih satu menit, gerakannya memutar melawan arah jarum jam.
  1. Berlatih Pernapasan

Lakukan pernapasan perut melalui lubang hidung pada bagian kiri dapat membantu meringankan tekanan darah. Kinerjanya yaitu dengan merelaksasi pembuluh darah serta mengurangi hormon stres dalam tubuh, sehingga akan lebih tenang.

Cara pengaplikasiannya yaitu dengan duduk baik di kursi maupun lantai, usahakan cari posisi paling nyaman dengan posisi punggung lurus. Selanjutnya tutup lubang hidung bagian kanan dengan jari jangan terlalu kencang atau lemah, ambil napas dalam-dalam kemudian tahan beberapa detik. Ulangi sekitar 3-5 menit.  

  1. Merendam Kaki Dengan Air Panas

Menentukan direktori penyakit sangat disarankan untuk memilih yang terpercaya terlebih pada media online, karena mudahnya informasi beredar tanpa tahu siapa yang menulisnya. Terutama pada penanganan gejala hipertensi.

Penanganan sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan merendam kaki menggunakan air hangat. Caranya yaitu duduklah pada kursi sebelumnya siapkan perlengkapannya, kemudian masukkan kaki ke dalamnya. Tujuannya untuk memperlancar aliran darah.

Saat mencari direktori penyakit sebaiknya pilih yang terpercaya salah satunya di sehatQ.com.Selain informasi terkait hipertensi Anda juga bisa mendapatkan gangguan kesehatan lainnya secara gratis oleh dokter terpercaya. Konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi secara persona melalui platform resminya.