Makanan Sehat Agar Cepat Hamil

cepat hamil

Memiliki keturunan tentu menjadi impian setiap pasangan. Untuk mendapatkan keturunan memang butuh kesabaran, karena ada yang langsung diberikan rezeki momongan, namun ada juga yang harus bersabar menanti datangnya buah hati dan tetap berusaha agar cepat hamil.

Salah satu usaha sederhana yang dapat dilakukan bagi Anda yang ingin mendapatkan momongan adalah dengan memulai hidup sehat. Mulailah hidup sehat dengan rajin berolahraga ditambah memperbaiki asupan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Selain itu, coba ikuti 8 Tips Berhubungan Agar Cepat hamil

Makanan bagi seseorang yang ingin dikaruniai momongan tak boleh sembarangan, karena selain harus mengkonsumsi vitamin dan suplemen, seseorang yang merencanakan kehamilan harus mengkonsumsi makanan yang mampu menyuburkan kandungan. Apa saja?

Kacang-Kacangan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 19.000 responden oleh Harvard University mengungkapkan bahwa 39% wanita dengan asupan protein hewani cukup tinggi lebih beresiko mengalami kemandulan dibandingkan wanita yang mengkonsumsi protein nabati. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan seperti edamame, tahu, lentil, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

Es Krim

Wah, siapa yang mampu menolak es krim. Mengkonsumsi 1-2 buah es krim per harinya mampu mempercepat terjadinya proses ovulasi. Selain itu, banyak teori ahli jusrtu menyarankan konsumsi susu dengan lemak tinggi, karena susu low fat justru membuat keseimbangan hormon terganggu. Jadi, ganti susu low fat Anda dengan susu yang tinggi lemak.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki banyak kandungan folat dan vitamin B yang sangat baik untuk membantu ovulasi. Konsumsi bayam, brokoli, dan sayuran berdaun gelap lain bersama suami. Dengan kandungan folat dan vitamin B yang cukup, maka pria akan mendapatkan sperma yang lebih berkualitas, sehingga Anda akan cepat hamil.

Biji Labu

Biji labu kaya akan zat besi. Studi mengungkapkan bahwa wanita yang mengkonsumsi labu 40% lebih kecil beresiko kesulitan hamil dibandingkan mereka yang rutin mengkonsumsi zat besi. Anda bisa mengkonsumsi biji labu dengan makanan tertentu, seperti roti bakar.

Roti Gandum

Karbohidrat kompleks cenderung membutuhkan waktu cerna lebih lama jika dibandingkan karbohidrat halus. Karbohidrat kompleks juga membantu kadar gula darah tetap stabil. Sebuah studi di Belanda yang dilakukan terhadap 165 pasangan mengungkapkan wanita dengan kadar gula darah tinggi cenderung lebih sulit hamil jika dibandingkan wanita dengan kadar gula yang stabil. Konsumsi roti gandum, selain sehat mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak sehat yang tergolong dalam lemak tak jenuh tunggal. Lemak jenuh inilah yang berperan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi terjadinya peradangan pada tubuh yang dapat mengganggu ovulasi.

Ikan Salmon

Ikan yang hidup di air dingin ini memang sudah dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh. Terlepas harganya yang lumayan mahal, namun ikan salmon memiliki lemak omega -3 yang sangat baik untuk mengatur hormon reproduksi sekaligus meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, sehingga Anda bisa cepat hamil. Selain salmon, Anda bisa mendapatkan asupan lemak omegA-3 melalui biji rami,biji, chia,dan kacang kenari sebanyak 2 sendok makan.

Suplemen Asam Folat

Jika Anda ingin merencanakan kehamilan dalam waktu dekat, maka cobalah mengkonsumsi suplemen tambahan atas saran dokter. Biasanya dokter akan meresepkan vitamin berupa asam folat dengan menyarankan konsumsi makanan yang kaya asam folat, sepertiĀ  sereal,buah jeruk, sayuran, dan sebagainya. Dengan konsumsi 400-600 mg asam folat setiap harinya sebelum kehamilan, ditambah selama kehamilan, maka kehamilan akan menjadi lebih sehat dan meminimalisir terjadinya cacat bayi.